Tentang

Tentangku

Perkenalkan, nama ana adalah Abu Muhammad bin Saleh. Ana hanyalah seorang pemula dalam mempelajari agama islam. Oleh karena itu blog ini pun sangatlah sederhana sekali [sss] yang mencerminkan minimnya ilmu ana. Namun bukan berarti ana tidak diperbolehkan da’wah sama sekali dan inilah salah satu bentuk da’wah ana di internet.  Ana sekarang masih kuliah di Universitas Gadjah Mada di sebuah fakultas yang ana sendiri merasa menyesal masuk kedalamnya bukan karena fakultasnya yang buruk [bahkan dari kabar terakhir yang ana dapat, fakultas ini merupakan fakultas no.1 di Indonesia dalam bidangnya] tapi karena memang ternyata tidak sesuai dengan minat ana dan juga disebabkan adanya sebab-sebab tertentu yang tidak perlu ana sebutkan disini. Di Yogyakarta ana belajar agama islam seadanya baik dari membaca buku, membaca majalah, materi keislaman di internet, rekaman kajian ilmiyah dan duduk di majlis-majlis ilmu ahlu sunnah wal jama’ah terutama majlis ilmu yang diasuh oleh ustadzunaa Aris Munandar-semoga Allah menambah keberkahan pada diri dan ilmunya-.

Tentang Blog ini [secara umum]

Blog ini berisi ringkasan [atau salinan jika dimungkinkan] dari berbagai artikel dari sebuah majalah kesayangan ana. Tebak “Singkat Padat Ilmiah”, apa coba? Na’am, itu adalah majalah Al-Furqan [tapi tidak menutup kemungkinan ana juga ambil dari majalah salafi yang lain jika diperlukan semisal majalah Qiblati, dll]. Ana sangat senang dengan majalah ini sebab sesuai dengan slogannya “singkat, padat dan ilmiah”. Oleh karena itu ana berusaha membagikan manfaat besar yang terkandung pada majalah ini dengan cara membuat ringkasan dari artikel-artikel yang ada pada majalah tersebut. Sederhana sekali kan? namanya juga masih pemula… jadi harap maklum. Namun bagi yang ingin mempelajari agama islam yang sesuai dengan manhaj Ahlus Sunnah Wal Jama’ah secara terperinci silakan  duduk di majlis-majlis ilmu para Syaikh atau para Ustadz, bisa juga dengan membaca langsung kitab-kitab ‘ulama salaf, mutaakhirin maupun mu’ashirin dan lebih baik lagi jika ditambah dengan membaca banyak tesis dan disertasi agama yang ditulis di universitas-universitas Ahlu Sunnah semisal Universitas Imam Muhammad bin Su’ud, Universitas Islam Madinah, Universitas Ummul Qura-, dll atau bisa juga dengan belajar di forum-forum Ahlu Sunnah dengan cara bertanya hal-hal yang belum dimengerti semisal di forum Ahli Hadits atau di forum Ahlee hadeeth dan forum lainnya. Oya, blog ini jelas memiliki bobot yang ringan sehingga cocok untuk pemula. Namun jika antum menginginkan blog yang bobotnya jauh lebih tinggi dari blog ini maka silakan berkunjung ke blog ustadz Abu ‘Ubaidah, blog akhiy Abul Jauzaa- dan blog2 Ahlus Sunnah lainnya.

Apa Tujuan Utama Dibuatnya Blog ini?

Ikut mengisi kekosongan beberapa topik-topik keislaman yang belum atau jarang digarap oleh sebagian ikhwah.

Apakah Blog ini Di-update Setiap Hari?

Tidak, insyaa Allah blog ini akan ana update tiap akhir pekan sebab ana tidak memiliki waktu luang untuk meng-update blog ini setiap hari.

Kenapa Tidak Ada Kolom Komentar Di Blog Ini?

Hal ini disebabkan ana tidak memiliki cukup waktu untuk menanggapi komentar-komentar yang ada. Komentar yang dimaksud disini adalah komentar yang bersifat bantahan/sanggahan sebab komentar dari jenis ini jelas membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk meresponnya secara ilmiah bukan asal respon alias respon karena emosi belaka.

Tools Utama yang Digunakan Dalam Blog Ini

a. Software Al-Quran Digital.

b. Software Ensiklopedia Hadits 9 Imam.

c. Majalah Al-Furqan.

d. Dll

Moto Blog Ini [setidaknya untuk sementara, hehe,,,]

Ringkas dan Amanah! insyaa Allah…

Tentang Asal Gambar-Gambar Di Blog Ini

Gambar-gambar yang ada dalam blog ini hukum asalnya bukan dari blog ana. Ana hanya memodifikasinya dengan sedikit tulisan baik yang ada watermark url asal ataupun yang tanpa watermark url asal. Ini berlaku untuk semua gambar. Terkadang pada sebuah foto/gambar ada watermarknya dan biasanya itu berisi alamat asal gambar tersebut, hanya saja pencantuman gambar tersebut di blog ana tidaklah mewakili kecondongan ana terhadap website yang merupakan tempat asal gambar/foto tersebut. Ini hanya sebatas ilustrasi. Camkanlah! Agar tidak ada tuduhan miring terhadap ana. Ana tidak ada waktu untuk mengecek [apakah websitenya ahlu sunnah atau bukan] website asal gambar-gambar tersebut. Jujur, ana mendapatkan gambar-gambar tersebut dari “Mbah” google!

Hadits-Hadits Dalam Blog Ini

Hadits-hadits yang ana cantumkan di blog ini walaupun mempunyai syawahid, dicatat pada beberapa kitab hadits dan ada tambahan lafazh pada riwayat lain maka biasanya tidak ana sertakan tujuannya untuk menghemat waktu ana dan memang inilah alasan ana membuat blog dengan gaya tulisan yang serba ringkas yakni keterbatasan waktu. Misal ada suatu hadits yang dikeluarkan oleh Imam yang empat [Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah-ed] maka paling-paling ana hanya menuliskan sumber dari salah satunya bahkan seandaianya Muttafaqun ‘Alaih pun paling-paling ana hanya mengatakannya dari Bukhari saja sebab ana hanya mengecek yang ada di shahih Bukhari. Inilah salah satu kelemahan blog ana. Ana benar-benar minta maaf…

Kemudian masalah tashih dan tadh’if hadits maka ana mengikuti apa yang ada dalam majalah Al-Furqan. Pada majalah Al-Furqan secara umum yang digunakan rujukan adalah karya syaikh Al-Albaniy. Namun bagi yang lebih senang dengan penilaian hadits dari ‘ulama lain semisal dari kalangan mu’ashirin [Syaikh Ahmad Syakir, Syaikh Muqbil, Syaikh Musthafa Al-‘Adawi, dll] yo monggo…

Copyleft

Para pembaca dipersilakan untuk meng-copy, menyebarkan, dan memodifikasi selama bukan untuk tujuan yang bertentangan dengan manhaj salaf! Ana pribadi sangat berharap ketika pembaca menyebarkan isi yang ada dalam blog ini maka sudilah kiranya pembaca mencantumkan link balik ke blog ini. Tujuannya bukan supaya pemilik blog menjadi terkenal tapi siapa tahu saudara-saudara kita yang lain yang mengetahui adanya blog ini dapat mengambil manfaat lebih banyak dari artikel-artikel yang ada di blog ini. Itu saja kok…harap maklum…

Nasehat Ustadzunaa Abu ‘Ukasyah Aris Munandar Kepada Ana

“Silakan Menulis. Diantara cara yang baik untuk belajar adalah dengan membuat ringkasan”

%d blogger menyukai ini: